Yuk belajar cara melakukan pertolongan pertama yang benar

Ketika terjadi kecelakaan yang mengakibatkan luka, pertolong pertama (first aid) menjadi salah satu faktor penting dalam menyelamatkan korban. Namun, tidak semua orang mengerti tentang cara melakukan first aid dengan benar, akibatnya malah memperparah keadaan.

pertolongan pertama

Advertising

Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan pertolongan pertama.

1. Luka berdarah

Jika ada bagian tubuh yang terluka dan  berdarah, langkah untuk melakukan pertolongan pertama adalah (1) menekan di bagian yang terluka dan mengeluarkan darah supaya pendarahan bisa ditahan atau diperlambat (2) Jika pendarahan hanya bersifat ringan , bisa gunakan perban untuk menutup luka, jika pendarahan berat segera hubungi petugas kesehatan.

Sedangkan jika hidung mengalami pendarahan (mimisan), langkah pertama pertolongan adalah (1) tekan bagian atas hidung (2) korban sebaiknya bernafas melalui mulut (3) Bungkukan ke depan dan kearah bawah (4) jika pendarahan tidak berhenti dalam waktu 15 – 20 menit , segera hubungi petugas medis.

Untuk ilustrasi lebih detail tentang pendarahan yang kuat, silahkan  lihat ilustrasi dibawah ini.

pertolongan pertama pada pendarahan

2. Patah Tulang

Patah tulang bisa terjadi dalam dua kondisi yaitu patah tulang terbuka dan patah tulang tertutup. Untuk bisa menangani patah tulang juga dibutuhkan pelatihan khusus dan keahlian tersendiri. Tapi pertolongan pertama bisa  dilakukang dengan : (1) pastikan dahulu korban dalam kondisi sadar atau tidak. Jika sadar, tanyakan bagian mana yang sakit, selama patah tulang tidak terjadi di bagian dada, kita bisa segera memberikan pertolongan , tapi jika terjadi di bagian dada atau di wilayah fital, kita harus menunggu petugas medis. (2) Jika kondisi korban tidak sadar, jangan menyentuh dan menggoyangkan korban,  segera memanggil petugas medis.

Untuk ilustrasi penangan bisa dilihat di gambar di bawah ini.

pertolongan pertama patah tulang

 

3. Keseleo dan dislokasi tulang

Keseleo dan dislokasi tulang merupakan permasalahan yang sering muncul bagi orang yang melakukan aktivitas berat. Untuk memberikan pertolongan pertama bisa dilakukan dengan : (1) Pastikan korban dalam posisi yang rileks dab beritahu korban untuk melemaskan bagian yang terluka  (2) Kompres dengan es (dingin) dibagian yang terluka tapi paling lama selama 20 menit. (3) jika ada berikan obat penghilang rasa sakit (4) bawa ke rumah sakit untuk dilakukan x-ray.

Detail ilustrasi penanganan :

penanganan keseleo

4. Luka terbakar

Untuk penanganan pertama luka bakar bisa dilakukan dengan : (1) dinginkan bagian yang terbakar dengan air dingin sekitar 10 menit (2) jangan melakukan hal-hal yang ada diilustrasi gambar dibawah ini.

penanganan luka bakar

5. Tersedak tidak bisa bernafas

Untuk memberikan pertolongan pertama pada orang yang tidak bisa bernafas karena tersedak, bisa dilihat lebih detail diilustrasi gambar dibawah ini.

pertolongan pertama pada tersedak

6. Serangan jantung

Jika mengetahui seseorang mengalami serangan jantung, ilustrasi dibawah ini adalah tahapan dalam memberikan pertolongan pertama.

pertolongan serangan jantung

7. Stroke

Penangan pertama stroke bisa dilakukan dengan : (1) pastikan memanggil petugas medis / ambulan (2) rebahkan korban di bantal yang tinggi (3) buka jendela dan berikan ruang buat korban sehingga bisa mendapatkan oksigen dengan mudah (4) lepaskan dan longgarkan apa saja yang mengikat tubuth ,  kancing baju, ikan pinggang  dan lainya.

Untuk detail penanganan lihat ilustrasi dibawah ini.

Penanganan stroke

8. Hipotermia

Jika seseorang mengalami hipotermia, lakukan penangan berikut ini (1) Bawa korban ke tempat hangat dan tutupi dengan sesuatu yang hangat (2) berikan minuman panasa (jangan yang mengandung kafein dan alkohol), berikan makanan yang tinggi kalori

penanganan hipotermia

9. Luka di kepala

Jika seseorang mengalami luka di kepala, pertolongan dapat dilakukan dengan (1) hentikan pendarahan dengan menekan tisu atau kain yang steril sampai pendarahan berhenti kemudian kompres dengan yang dingin (2) Amati kondisi nafas, detak jantung dan respon pupil terhadap sinar (3) jika tidak ada detak jantung atau reaksi pupil segera lakukan CPR

penanganan luka di kepala

10. Pingsan

Penanganan pertama pada korban yang mengalami pingsan bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah sesuai di ilustrasi dibawah ini.

penanganan pingsan

11. Melakukan CPR

Untuk malakukan pertolongan pertama dengan CPR dibutuhkan pelatihan. Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan sebelum melakukan CPR.  Berikut ini adalah ilustrasi langkah-langkah melakukan CPR.

pertolongan pertama dengan CPR

 




Baca yang lain

Langkah Mudah Cara Memasang Kode Iklan In-Feed Ads... Baru-baru ini adsense memperkenalkan jenis iklan baru yaitu native ads dan salah satu format iklan adalah jenis in-feed. Karena jenis format iklan ini...
Cara mudah mengontrol Power Point dengan handphone... Untuk bisa   mengontrol power point saat presentasi, sebenarnya tidak selalu harus menggunakan pointer. Kita bisa mengontrol power point dengan ha...
Cara download video online dari youtube, tumblr da... Terkadang kita kesulitan untuk mendownload video dari situs video sharing seperti youtube, tumblr, vimeo dan video sharing lainya. Beberapa solusi bis...
8 Cara untuk melakukan pencarian di Google yang bi... Google merupakan mesin pencari yang paling sering digunakan oleh pengguna internet. Tampilan mesin pencari yang simple dan mudah digunakan merupakan s...

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz