Ingin sukses dalam bisnis? pahami dulu apa itu value product dan customer perceived value

Setiap pengusaha pastinya  ingin bisa sukses dalam bisnisnya tapi sayangnya banyak pengusaha mengalami kegagalan dan yang menyerah sering  menyalahkan nasib, padahal kegagalan dalam bisnis itu suatu hal yang bisa diketahui penyebabnya, salah satunya adalah ketikapahaman pengusaha tentang value product dan customer perceived value.

Advertising

Apa itu value product dan customer perceived value?

Banyak pengusaha yang baru berkecimpung di dunia bisnis tidak memahami tentang kedua hal diatas. Padahal kedua hal itu merupakan salah satu dasar dalam berbisnis, meskipun value product dan customer perceived value memiliki pengertian yang  berbeda namun saling berhubungan. Karena apa yang kita jual adalah yang dibeli oleh konsumen.

Value Product memiliki arti sebagai tingkatan nilai/manfaat yang ditawarkan oleh sebuah produk kepada konsumen. Intinya adalah  value dari sebuah produk inilah yang dibeli oleh konsumen.

Setiap produk yang dijual pasti memiliki tingkatan value tertentu dan semakin tinggi value produk itu akan semakin berkualitas tapi pastinya hargannyapun akan semakin tinggi. Tingkatan value ini secara teori dibagi menjadi tiga : core value, actual product, augmented product (akan dibahas pada postingan berbeda). Untuk memudahkan berikut ini contohnya.

Contohnya : sepatu adidas dan sepatu League (lokal) , kedua sepatu ini merupakan sepatu oleh raga namun memiliki value product yang berbeda – sepatu adidas tentu saja memiliki value yang lebih tinggi dibanding league karena banyak faktor.

Dilihat dari:

  • core value : kedua merek adidas dan league sama-sama menjual sepatu yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan saat berolah raga.
  • Actual Product :
    • Kualitas bahan baku : Adidas memiliki tekonologi yang lebih bagus dibandingkan dengan League
    • Desain : Desain sepatu adidas lebih banyak variasinya dibandingkan League
    • Brand : Brand adidas lebih tinggi dibandingkan dengan League
  • dan seterusnya.

Setelah memahami tentang value product, setelah itu akan muncul sebuah pertanyaan baru.

Apakah dengan mendesain sebuah produk dengan value yang tinggi pasti akan laku dijual? Jawabannya belum tentu, karena tergantung dari Customer Perceived Value selain itu meningkatkan value sebuah produk akan secara otomatis meningkatkan harga jual.

Customer Perceived Value merupakan sebuah perbandingan evaluasi dari konsumen terhadap value (manfaat) produk dan cost yang dikeluarkan oleh konsumen untuk mendapatkan produk tersebut.  Intinya adalah kerelaan konsumen untuk mengeluarkan uang untuk mendapatkan sebuah produk dengan value/manfaat tertentu.  Jika cost yang dikeluarkan terlalu tinggi dibandingkan dengan value yang didapatkan, maka secara otomatis konsumen tidak akan rela membeli produk tersebut. Selain itu penilaian dalam customer perceived value  dari konsumen ini sangat subjektif sehingga pada akhirnya pengusaha perlu melakukan segmentasi terhadap konsumen.

Contohnya : Ada konsumen A yang bersedia membayar satu cangkir kopi dengan harga 50 ribu dan ada juga konsumen B yang tidak mau membeli kopi tersebut. Hal ini dipengaruhi oleh custemer perceived value. Konsumen A memang bersedia untuk membeli kopi tersebut karena cost yang dikeluarkan  dengan value yang didapatkannya sebanding, sedangkan konsumen B tidak mau karena harganya terlalu tinggi dan value yang didapatkan bagi dia tidak sesuai atau bisa jadi berlebihan karena bagi B tingkat value kopi hanyalah sebatas core value saja sebagai minuman.

Memahami kedua hal di atas akan membantu kita dalam mendesain produk dan menentukan harga jualnya sehingga bisnis kita akan berjalan lancar.




Baca yang lain

Cara Memulai Usaha 1 : Mendapatkan dan Memilih Ide... Setelah memahami tentang value produk dan pentingnya competitive advantage, maka kita sampai ditahap pertama memulai usaha yaitu mendapatkan ide usa...
Mengenal First Mover dalam Bisnis dan apa untungny... Dalam bisnis atau tepatnya dalam ilmu marketing ada istilah yang disebut sebagai first mover. Istilah   ini secara garis besar berarti sebagai yan...
Apa itu competitive advantage dan kenapa penting b... Jika ingin terus merasakan sukses dalam berbisnis, kita perlu memahami tentang competitive advantage / keunggulan daya saing. Hal ini sangat penti...
Cara memulai usaha yang benar dari tahapan ide sam... Ingin menjadi pengusaha? Tapi bingung mau mulai usaha dari mana? Pertanyaan di atas sering terlintas dibenak banyak orang yang ingin memulai us...

Leave a Reply

1 Comment on "Ingin sukses dalam bisnis? pahami dulu apa itu value product dan customer perceived value"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
trackback

[…] Memahami tentang value dari sebuah produk akan membantu kita mengerti apa yang sebenarnya kita jual dan apa yang membuat konsumen mau membeli. Artikel tentang value produk ini bisa dibaca di sini. […]

wpDiscuz