5 Penyebab usaha restoran / cafe sepi pengunjung

Bisnis usaha restoran atau cafe bisa dibilang sebuah bisnis yang sangat menarik bagi banyak pengusaha karena bisnis dibidang ini bisa dikatakan tidak akan ada matinya. Namun, persaingan usaha yang sangat gila dengan banyak kompetitor membuat pengusaha restoran dan cafe sering mengalami kegagalan.

Advertising

Secara umum penyebab kegagalan bisnis usaha restoran atau cafe ini bisa berasal dari 5 hal berikut ini. Apa saja itu? Berikut ini ulasannya.

1. Produk yang dijual

Banyak pengusaha restoran/cafe bingung dengan produk yang sebenarnya mereka jual. Banyak yang berpikir hanya menjual tempat saja akan bisa membuat usaha restoran/cafe sukses padahal dalam industri ini produk makananlah yang paling utama. Kunci suksesnya adalah rasa makanan adalah segalanya.

Contoh simpelnya adalah starbuck, gerai kopi yang satu ini banyak yang bilang mereka sebenarnya menjual tempat dan memang benar starbuck menyediakan tempat yang nyaman untuk minum kopi. Hanya saja, starbuk tidak pernah lupa untuk terus menyediakan produk kopi yang sangat berkualitas.

Jadi jika bisnis usaha restoran/cafe kalian sepi pengunjung, cek produk makanan yang kalian jual, apakah enak atau tidak, apakah sekedar enak tapi masih kalah dengan pesaing. Selalu buat produk yang kalian jual memiliki competitive advantage / keunggulan daya saing lebih tinggi dibandingkan dengan kompetitor.

2. Harga jual makanan yang terlalu mahal

Dalam berbisnis kita harus paham tentang customer perceived value sehingga kita tidak akan bingung dalam menentukan harga, karena  konsumen selalu membandingkan antara value produk yang dibeli dengan cost yang dikeluarkan. Semakin besar cost yang dikeluarkan namun value/manfaat dari produk yang didapat rendah maka konsumen pasti tidak akan membeli produk tersebut.

Menentukan harga jual makanan yang dijual di restoran/cafe menjadi faktor penting kesuksesan. Tentukan harga jual sesuai dengan value/manfaat dari produk makanan kita. Jika produk makanan kita memiliki value yang tinggi (rasa super enak, restoran mewah) tentu saja harga tinggi akan sepadan dan konsumen akan dengan senang hati untuk membeli.

3. Memilih lokasi yang sesuai dengan target konsumen

Menentukan lokasi restoran ataupun cafe merupakan hal penting berikutnya setelah produk dan harga. Penentuan lokasi yang salah bisa menjadi penyebab usaha restoran / cafe menjadi sepi pengunjung karena tidak sesuai dengan target konsumen yang ingin kita raih.

4. Pegawai dan Pelayanan

Meskipun bisnis restoran adalah bisnis yang menjual produk dan bukan jasa  tapi kenyataannya faktor pelayanan dan pegawai menjadi faktor yang penting yang bisa menyebabkan bisnis restoran menagalami kesuksesan ataupun rugi. Selain makanan dan tempat yang nyaman, konsumen juga senang dengan pelayanan yang cepat dan pegawai yang ramah serta cekatan.

5. Promosi

Faktor terakhir yang perlu kita analisa ketika bisnis usaha restoran / cafe kita sepi adalah masalah promosi. Jika keempat hal diatas sudah kita teliti dan hasilnya oke, otomatis promosi yang telah kita lakukan bisa jadi kurang ataupun salah sasaran.




Baca yang lain

4 hal ini akan membuat usaha makanan menjadi sukse... Usaha makanan bisa dibilang merupakan sebuah bisnis yang menarik, meskipun persaingan di bidang ini sangat ketat tapi karena makanan termasuk kebu...
Heboh bisnis tahu bulat digoreng dadakan 500an wak... Beberapa bulan belakangan ini, di wilayah sekitar Jakarta Depok dan Bogor sedang heboh dengan makanan tahu bulat yang dijual dengan menggunakan mobil ...

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz