4 hal ini akan membuat usaha makanan menjadi sukses

Usaha makanan bisa dibilang merupakan sebuah bisnis yang menarik, meskipun persaingan di bidang ini sangat ketat tapi karena makanan termasuk kebutuhan utama sehingga permintaan akan produk makanan sangat tinggi. Banyak pengusaha yang berkecimpung di bidang makanan ini, banyak yang sukses tapi banyak juga yang gagal. Mereka yang gagal, sebenarnya melupakan beberapa hal dasar yang telah dilakukan oleh para pengusaha makanan yang sukses. Apa saja 4 hal itu? Berikut ini adalah ulasan singkatnya.

Advertising

1. Rasa adalah segalanya

Banyak pengusaha makanan sepertinya sering lupa untuk memastikan rasa makanan yang dibuat. Kebanyakan para pengusaha makanan hanya menjual makanan dengan rasa enak saja, padahal untuk memiliki sebuah produk yang memiliki keunggulan daya saing dengan kompetitor, pengusaha makanan harus mampu membuat makanan dengan rasa enak yang lebih dibandingkan dengan kompetitornya.

Dalam industri makanan, bagi konsumen rasa adalah segalanya. Konsumen rela untuk mengeluarkan uang dan kembali lagi untuk membeli jika konsumen menemukan makanan yang super enak. Contohnya saja : di Solo ada Tengkleng Pasar Klewer. Meskipun hanya sebuah warung makan kecil tapi setiap hari konsumen harus antri untuk bisa membeli tengkleng yang memiliki rasa yang super enak.

Selain rasa, variasi makanan juga menjadi hal yang tidak bisa dilepas, karena dengan variasi makanan ini, konsumen tidak akan bosan.

2. Menentukan harga jual

Menentukan harga jual menjadi sangat penting dalam usaha makanan ini dan sering kali menjadi dilema bagi pengusaha makanan. Tidak stabilnya harga bahan baku membuat banyak pengusaha sering bermasalah dalam menentukan harga jual.

Di lain pihak, harga juga menjadi salah satu faktor penting bagi konsumen untuk memutuskan membeli makanan. Meskipun untuk level tertentu (rasa makanan yang super enak), konsumen sebenarnya tidak akan mempedulikan harga demi memuaskan nafsu memakan makanan yang super enak.

3. Pemilihan lokasi menjual makanan

Pemilihan lokasi menjual makanan bisa jadi menjadi kunci sukses dalam usaha makanan. Untuk beberapa jenis makanan tertentu, konsumen rata-rata lebih memilih untuk mencari lokasi yang lebih dekat. Contohnya saja membuka warung makanan di sekitar kost (lingkungan kampus). Tapi pemilihan tempat ini juga bisa menjadi tidak terlalu penting karena makanan yang kita jual memang spesifik dan jarang ditemukan ditempat lain.

Secara umum, menentukan lokasi menjual harus melihat dari segmen konsumen yang ingin kita raih.

4. Melakukan promosi dan pemasaran secara online

Di era digital seperti sekarang ini, pengusaha makanan harus juga memanfaatkan promosi secara online dan bahkan penjualan secara online. Pengembangan ini akan membantu pengusaha untuk meraih market yang lebih luas. Contohnya: bisa ikut bergabung dengan gofood, membuat website untuk usaha makanan kita dan mempromosikan sehingga banyak orang yang tahu.




Baca yang lain

5 Penyebab usaha restoran / cafe sepi pengunjung Bisnis usaha restoran atau cafe bisa dibilang sebuah bisnis yang sangat menarik bagi banyak pengusaha karena bisnis dibidang ini bisa dikatakan ti...
Heboh bisnis tahu bulat digoreng dadakan 500an wak... Beberapa bulan belakangan ini, di wilayah sekitar Jakarta Depok dan Bogor sedang heboh dengan makanan tahu bulat yang dijual dengan menggunakan mobil ...

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz